SMPT Al-Qudwah adakan In house Training (IHT) P5

SMPT Terpadu Al-Qudwah Lebak gelar In house Training (IHT) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Untuk mewujudkan kurikulum merdeka yang lebih berkualitas.Aula dibutuhkan dukungan dan peranserta segenap civitas sekolah. Aula Serbaguna, Senin, 20 Juni 2022.

Kegiatan yang dihadiri oleh kepala sekolah SMP Terpadu Al-Qudwah, Siti Maryam, S.Pd, dewan guru dan pegawai.

Dalam sambutannya kepala sekolah SMPT Al-Qudwah, Siti Maryam menjelaskan, IHT yang dilakukan saat ini, sebagai bentuk persiapan menyambut kurikulum merdeka belajar.

“Guru harus paham betul mengenai konsep P5, cara pembuatan proyek, tugas administrasi guru untuk mencapai visi misi pendidikan Indonesia menjadikan pelajar Bangsa Indonesia sebagai generasi yang berwawasan luas dan berakhlak mulia,”ujarnya..

Sementara itu menurut Anugrah Resmana, yang dikutip dari naskah profil pelajar pancasila kemendikbud 2020, profil pelajar pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai pancasila. Profil pelajar pancasila terdiri dari enam dimensi, pertama, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Kedua, mandiri, ketiga bergotong royong, keempat berkebinekaan tunggal, kelima bernalar kritis dan keenam kreatif.

Di dalam enam kategori P5 itu, ada elemen dan sub elemen dan di setiap sub elemen terdapat rangkaian alur perkembangan kompetensi setiap fase pembelajaran.

“Pembuatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk tingkatan SMP sekurang-kurangnya dilakukan berdasarkan tiga tema dalam satu tahun ajaran. Seluruh tema berjumlah delapan dari tingkatan SD-SMA, yaitu Kearifan Lokal, Rekayasa dan Teknologi, Kewirausahaan, Bhineka Tunggal Ika, Gaya Hidup Berkelanjutan, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Suara Demokrasi dan Kebekerjaan’’, kata Anugrah Resmana.***

Foto Ilustrasi:

 

Komentar
Kirim Komentar

Berapakah Hasil Penjumalah 7+9

Download Aplikasi

ElearningQu
Belajar jadi lebih mudah!

1

Download Aplikasi ElearningQu

Download aplikasi ElearningQu melalui Play Store.

2

Belajar Jadi Lebih Mudah

Gunakan aplikasi ElearningQu untuk pembelajaran online di lingkungan Sekolah Terpadu Al-Qudwah

Berlangganan Berita di AlQudwah.Id

Jika Anda ingin berlangganan berita dari website AlQudwah.Id, silahkan isikan alamat email anda. Kami akan menginformasikan saat ada berita terbaru.

Alamat Email Anda