Rapat Kerja SMPT Al-Qudwah: Tingkatkan Profesionalisme, Etos Kerja dan Kebersamaan

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dalam pekerjaan, SMPT Al-Qudwah adakan rapat kerja rencana dan program selama satu tahun ke depan (Tahun Ajaran 2022-2023), Selasa 21 Juni 2022 Aula Serbaguna SMP.

Menurut KH.Samson Rahman,MA sekaligus Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Islam Qudwatul Ummah Lebak. Profesionalisme memiliki ciri-ciri mampu berkompetisi di tengah persaingan ketat dan mempunyai tekad yang kuat untuk meningkatkan keterampilan. “Seorang guru, tentunya harus memiliki sikap profesionalisme agar tercapainya gelar “Guru Jadi” bukan “Guru jadi-jadian, tambahnya”.

“Untuk mencapai targetan “Guru Jadi”, maka segala sesuatunya harus dirancang secara matang agar tahun ajaran baru terlaksana lebih baik,” kata Nurul Wahidah. “Maka, Seluruh guru dan karyawan yang hadir pada hari ini dibagi menjadi beberapa komisi. Komisi A bagian kurikulum, komisi B bagian Sarana dan Prasarana, komisi C bagian Kesiswaan dan komisi D bagian Hubungan Masyarakat,” lanjut penjelasan Nurul Wahidah.

Masing-masing komisi mendiskusikan dengan anggotanya di ruangan tertutup. Kemudian hasil dari diskusi terbatas itu dipresentasikan di forum besar. Pertama dimulai dari komisi A bidang kurikulum. “Ada beberapa program unggulan dalam bidang kurikulum. Ada 3 program unggulan diantaranya, Bina Pribadi Islami (BPI), Al-Qur’an, dan cinta bahasa. Pembelajaran alqur’an di SMPT Al-Qudwah menggunakan metode ummi, jam belajarnya 8 jam selama 1 pekan. Targetnya kelas VII menguasai juz 30, kelas VIII juz 30 dan juz 29, kelas IX menguasai juz 30, 29 dan 28. Sedangkan pada program cinta bahasa, targetnya siswa bisa speaking bahasa inggir dan muhadastah bahasa arab,” kata Ahmad Khosyi’i wakil kepala sekolah bidang Kurikulum.  

Usai penjelasan bidang kurikulum, dilanjutkan penjelasan dari wakil kepala bidang kesiswaan. “Ada beberapa pembiasaan yang dilakukan di sekolah, yaitu shalat duha, shalat dzuhur dan ashar, keputrian, pembacaan asmaul husna sebelum shalat dzuhur, pembacaan al-masurot setelah shalat ashar. Agenda terdekat dari kesiswaan yang akan dijalankan yaitu MPLS” jelas Nova Diasari.

Program kerja selama satu tahun kedepan dilanjutkan penjelasan dari wakil kepala hubungan masyarakat. Kata Nurul Wahidah, agenda humas diantaranya mengupload setiap kegiatan yang dilaksanakan di sosial media sekolah (whatsapp, facebook, instagram, youtube dan tiktok), melaksanakan rapat koordinasi dengan orang tua siswa kelas VII,VIII,IX . mengadakan koordinasi bagi siswa yang tidak mampu, mengikuti pelatihan kehumasan, menjalani silaturahim dengan pemangku kepentingan, mengadakan pengajian rutinan komite, memberikan penghargaan kepada guru dan karyawan sekolah, membangun sikap kekeluargaan dan kerohanian PTK, menjalin koordinasi dengan lembaga lain untuk kepentingan sekolah, berkoordinasi dengan kegiatan2 kesiswaan, dan masih banyak program lainnya.

Selanjutnya wakil kepala bidang sarana prasarana, Jumali, menjelaskan programnya, yaitu pengadaan gardu induk listrik, pengecatan ruang kelas, rehab ruang kelas, perbaikan lapangan olahraga, pengadaan alat laboratorium bahasa, dan sebagainya masih banyak lagi program kerja yang lainnya. Kegiatan rapat kerja yang dilaksanakan selama dua hari ini mulai dari 21 – 23 Juni 2022, banyak menguras ide serta gagasan para peserta rapat.

Terakhir penjelasan dari Kepala TU, menjelaskan deskripsi tugas dan masing-masing orang yang menanganinya, menjelaskan program selama satu tahu kedepan di antaranya lebih menertibkan lagi penggunaan kertas, tinta dan barang-barang lainnya. ***

#ayokealqudwahlebak

Komentar
Kirim Komentar

Berapakah Hasil Penjumalah 6+6

Download Aplikasi

ElearningQu
Belajar jadi lebih mudah!

1

Download Aplikasi ElearningQu

Download aplikasi ElearningQu melalui Play Store.

2

Belajar Jadi Lebih Mudah

Gunakan aplikasi ElearningQu untuk pembelajaran online di lingkungan Sekolah Terpadu Al-Qudwah

Berlangganan Berita di AlQudwah.Id

Jika Anda ingin berlangganan berita dari website AlQudwah.Id, silahkan isikan alamat email anda. Kami akan menginformasikan saat ada berita terbaru.

Alamat Email Anda