Kemah Penggalang, Tarhib Ramadhan SD dan SMP Terpadu Al-Qudwah

Lebak, (08/04) --- Pramuka SD dan SMP Terpadu Al-Qudwah mengadakan kemah ukhuwah sekaligus tarhib ramadhan pada hari Rabu-Kamis 30-31 Maret 2022 di MBS Serang-Banten.

Menurut Arip Rahman Fauzi, pramuka penggalang berdasarkan usia kisaran 11 sampai 15 tahun. Tingkat penggalang biasanya diikuti oleh kelas 5 SD hingga kelas IX SMP. Adapun program kepramukaan yang dilaksanakan berdasarkan slogan Sekolah Islam Terpadu “Pramuka yang Tangguh, Tangkas dan Teguh di dalam jiwa.

“Sikap tangguh dicerminkan melalui lomba tarik tambang, sikap tangkas dicerminkan melalui kecepatan dan kedisiplinan dalam mengikuti setiap kegiatan, dan sikap teguh diperlihatkan dalam menerapkan perilaku Islami seperti shalat berjamaah 5 waktu, shalat tahajjud, tilawah serta tausiyah,” kata Arip Rahman Fauzi Pembina Pramuka.  

Agenda kemah penggalang ini dilakukan secara rutin setahun sekali. Kemah ukhuwah kali ini berbeda dari sebelumnya karena sekaligus mempersiapkan menyambut bulan ramadhan (Tarhib Ramadhan). Para siswa diberikan bekal materi dan pemhaman terkait bulan ramadhan.

Pengisi kajian tarhib ramadhan kali ini dipandu oleh K,H. A’la Rotbi, Pembina yayasan qudwatul ummah. K,H. A’la Rotbi pada intinya menjelaskan tentang ramadhan totalitas, ibadah berkualitas. “Sebelum memasuki bulan ramadhan, alangkah baiknya senantiasa bermuhasabah diri, menjadikan ramadhan sepenuhnya untuk beribadah, semakin mendekatkan diri kepada Allah dan senantiasa menghadirkan Allah dalam hati.  Bulan ini, merupakan bulan yang sangat istimewa, penuh dengan pahala-pahala kebaikan-kebaikan dan keutamaan-keutamaan. Kita hendaklah membuat target ramadhan sebagai awal mula berjalannya kehidupan kedepan. Setelah ramadhan selesai, jangan sampai target yang telah dicapai ditinggalkan begitu saja, melainkan harus ditingkatkan pada bulan-bulan berikutnya,” jelas K,H. A’la Rotbi.

Acara kemah pramuka dan tarhib ini diakhiri dengan hiking mencari jejak 5 pos. Pos pertama tentang keagamaan, pos kedua tentang ramadhan, pos ketiga tentang teknik pramuka, pos keempat peraturan baris berbaris (PBB) dan pos kelima halang rintang. (Humas SMPT Al-Qudwah)